Resensi Pustaka

Hukum Angkutan Udara Berdasarkan UU RI No. 1 Tahun 2009

Penulis Prof. Dr. H.K. Martono, S.H., LLM dan Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M.

Buku ini merupakan kelanjutan dari buku bagian pertama yang berjudul Hukum Penerbangan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009. Buku ini mengulas lebih mendalam tentang kebijakan baru transportasi udara berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009, yang mencakup aspek-aspek kebijakan, legal, pengusahaan dan sumber daya manusia.

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 menggantikan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1992 yang dianggap tidak mampu mengakomodasi perkembangan dunia penerbangan dewasa ini.

Prof. Martono adalah narasumber lahirnya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 sehingga buku ini dapat digunakan untuk memperkaya khazanah dan mengetahui suasana kebatinan (sebagai bagian “Memori Van Toelichting”) saat pembahasan UU tersebut. Penulis mengikuti proses pembahasan sejak konsep akademi (academic draft), rapat dengar pendapat umum (RDPU), memberi masukan kepada DPR RI sejak 5 Mei 2005 sampai dengan 5 Juni 2008 yang dilanjutkan pembahasan RUU Penerbangan sampai 17 Desember 2008.

Pemahaman akan Hukum Udara dan Hukum Penerbangan khususnya, adalah mutlak perlu bagi pengembangan dunia penerbangan RI. Keberadaan buku ini akan mengarahkan kita untuk mendapatkan pemahaman dan persepsi yang sama akan hukum positif di bidang penerbangan, sehingga pada tingkat implementasi dapat mendorong terwujudnya pelayanan penerbangan yang aman dan selamat.

  • #danlevlibrary
  • #koleksidanlevlibrary
  • #perpustakaanhukum
  • #kajiandokumentasihukum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *