Resensi Pustaka

5 Buku Penting Pendokumentasian Kekerasan Terhadap Perempuan

5 Buku Penting Pendokumentasian Kekerasan Terhadap Perempuan

Glosari Kekerasan Terhadap Perempuan Sebagai Pelanggaran HAM, disusun oleh Betty Itha Omas, Diana Lusi, & Yasniva Yasin, diterbitkan di Jakarta oleh Komnas Perempuan 2006. Memuat istilah-istilah yang terkait dengan isu HAM dan kekerasan terhadap perempuan, yang diharapkan dapat membantu memahami kekerasan terhadap perempuan sebagai pelanggaran HAM.

Format Dokumentasi Pengalaman Kerentanan dan Kekerasan Terhadap Perempuan Pembela HAM, ditulis oleh Dewi Yuri Cahyani, editor: Andy Yentriyani dan Samsidar. Terbit di Jakarta pada 2007 penerbit Komnas Perempuan. Buku ini dimaksudkan untuk membantu proses mencari dan mengumpulkan data serta analisis situasi hak asasi perempuan dalam konteks kekerasan terhadap perempuan di suatu tempat atau negara dalam jangka panjang melalui penemuan dan mengemukakan fakta yang sesungguhnya.

Modul Pelatihan untuk Pelatih: Penanganan Kasus-Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dalam Sistme Peradilan Pidana Terpadu yang Berkeadilan Jender. Penyusun LBPP DERAP-Warapsari, Komnas Perempuan, LBH APIK Jakarta. Penerbit Komnas Perempuan, 2007. Penyusunan modul pelatihan ini diarahkan secara khusus bagi pengajar atau widya iswara di bagian pendidikan dan pelatihan pada institusi penegak hukum.

Format Pendokumentasian Kondisi Pemenuhan HAM Perempuan di Pengungsian. Disusun bersama pendamping pengugsi Aceh, Nias, Yogyakarta, Sidoarjo, NTT, Maluku, Poso. Diterbitkan di Jakarta pada 2007 oleh Komnas Perempuan. Tingginya angka dan bentuk kekerasan terhadap pengungsi, khususnya kekerasan seksual, menunjukkan kemendesakan untuk mengintegrasikan model pendokumentasian ini dalam sistem pendataan awal maupun monitoring atau pemantauan selama pendampingan dilakukan.

Prosiding Pelatihan Knowledge Management System: Pelatihan Peningkatan dan Penguatan Kapasitas Pengelolaan Pengetahuan. Pelatihan diselenggarakan di Jakarta pada 2014, oleh Komnas Perempuan. Prosiding ini diterbitkan dalam rangka menegakkan pengetahuan dari perempuan. Mencatat pelatihan mengelola pengetahuan (knowledge management) berkaitan dengan seluruh aspek dalam mengorganisasikan pengetahuan, termasuk menciptakan pengetahuan, mendokumentasikan, mengkodifikasi, membagi, dan mempromosikan inovasi, pembelajaran, efektifitas dan profitabilitas (manfaat) yang bisa diperoleh.

Kunjungi http://danlevlibrary.net untuk referensi dan informasi kajian dan dokumentasi hukum di Indonesia.

Triana Dyah | Pustakawan | trianadyah@pshk.or.id