Kegiatan

WORKSHOP MEMBANGUN PANGKALAN DATA REKOD DAN ARSIP BERBASIS DRUPAL

Salah satu kebutuhan atas pengelolaan dokumen dan informasi, mulai dari data, rekod, arsip dan pustaka yaitu adanya pangkalan data (database) yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan organisasi tersebut. Dalam konteks pengelolaan koleksi perpustakaan, baik itu buku dan repositori lembaga relatif sudah tersedia aplikasi yang memadai. Namun, dalam pengelolaan dokumen di luar itu, relatif pengelola informasi dan dokumen membutuhkan aplikasi yang dapat memudahkan mereka tidak saja untuk kepentingan temu kembali dokumen dan informasi. Tetapi kebutuhan informasi spesifik yang memudahkan pengelola informasi dan dokumen dalam penyajian informasi dan dokumen kepada kliennya.

Untuk itu, pengelola informasi dan dokumen membutuhkan kemampuan untuk dapat tidak saja merancang pangkalan data yang diperlukan lembaganya, namun juga kemampuan untuk membangun pangkalan data tersebut. Hal ini menjadi nilai seorang profesional informasi apabila memiliki kemampuan membangun pangkalan data. Salah satu aplikasi yang relatif mudah untuk membangun dan memodifikasi pangkalan data yaitu DRUPAL.

Drupal merupakan Content Management Framework (CMF) yang bersifat open source dan  menekankan pada kolaborasi antar developernya. Drupal sangat modular, sangat mudah dikembangkan. Seperti halnya sebuah framework, Drupal memiliki standar yang harus diikuti. Dalam paket instalasi Drupal sudah ada beberapa core module yang mencakup fungsionalitas utama sebagai sebuah Content Management System (CMS), namun fungsionalitas tersebut dapat dengan mudah kita tambahkan dengan mengaktifkan built-in module yang ada atau mengaktifkan contributed module lainnya. Drupal di-desain agar mudah untuk melakukan kustomisasi, namun kustomisasi tersebut dilakukan dengan cara membuat module baru yang menambah atau menghilangkan fungsionalitas standar yang ada, bukan dengan memodifikasi core module.

Dengan kemudahan melakukan kustomisasi  Drupal, kita bisa membangun bermacam-macam website seperti portal internet, portal berita, website personal, departemen, korporat sampai kenegaraan. Kita juga bisa membangun aplikasi e-commerce, social networking, dan image gallery menggunakan Drupal. Drupal juga memiliki tingkat security level tertinggi, dengan cara menanalisa laporan keamanan dari para penggunanya dan meluncurkan update secara berkala.

Berdasarkan hal tersebut, maka Perkumpulan Profesi Pengelola Rekod Indonesia (P3RI) bekerjasama dengan SliMS Development Center (SDC) dan Daniel S Lev Law Library mengadakan Workshop Membangun Pangkalan Data Rekod Berbasis DRUPAL. Kegiatan ini diharapkan pula sebagai regenerasi untuk pengembangan komunitas system librarian dalam ranah Lembaga Informasi, baik itu perpustakaan, record center, unit kearsipan, dan lainnya.

Sasaran Pelatihan

Peserta pelatihan diharapkan dapat membangun pangkalan Data Rekod/Arsip In-Aktif seperti aplikasi ARTERI.

Materi Workshop

1.Instalasi Drupal
2. Struktur basisdata dengan Content type
3. Pengenalan taksonomi
3. Presentasi dengan Views
4. Workflow dengan Rules
5. Theming dengan Bootstrap
6. Manajemen user account dan permission

Instruktur Workshop

Instruktur Workshop terdiri dari:

  1. Hendro Wicaksono; Developer SliMS dan Praktisi System Librarian dan Data di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
  2. Triawan Mardiasa; System Librarian Daniel S Lev Law Library
  3. Fathe Hibatulwafi; System Librarian Consultant

Metode Workshop

Workshop diselenggarakan dengan metode pertemuan secara daring (online) dan model coaching, yaitu selama masa pelatihan, peserta akan dibagi dalam kelompok-kelompok kecil sehingga selama proses pelatihan dapat saling berdiskusi dan belajar bersama dalam upaya memahami secara mendalam materi yang didapatkan ketika pertemuan secara daring.

Selain itu, peserta akan mendapatkan modul-modul pelatihan dalam bentuk e-paper dan video tutorial.

Waktu Pertemuan

Pertemuan secara daring (online) dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan, yaitu setiap Sabtu, pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB, tanggal 22, 29 Agustus, 5 dan 12 September 2020.

Peserta

Jumlah peserta terbatas hanya 60 orang

Peralatan yang Perlu Disiapkan Peserta

Peserta diminta memiliki peralatan sebagai berikut:

  1. Laptop dengan spesifikasi Minimal Windows 10
  2. Akses internet yang baik

Sebelum melakukan instalasi Drupal 8, Anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa hosting atau server yang Anda gunakan memiliki spesifikasi yang dibutuhkan oleh Drupal 8 yaitu:

Pada server ada Apache, Nginx, dan Microsoft IIS. Pada database tersedia MySQL 5.5.3/MariaDB 5.5.20/Percona Server 5.5.8 dilengkapi PDO, InnoDB-compatible primary storage engine, PostgreSQL 9.1.2 dengan PDO, SQLite 3.6.8 atau lebih tinggi. Pada PHP versinya PHP 5.5.9 atau lebih tinggi.

Peserta diharapkan telah memiliki rancangan pangkalan data (database) yang akan dibangun dengan menggunakan aplikasi Drupal ini. Rancangan pangkalan data diharapkan disampaikan via e-mail kepada panitia beserta bukti transfer kontribusi peserta.

Kontribusi Peserta

Rp. 250.000,- ( Dua Ratus Lima Ribu Rupiah)

Kontribusi Peserta ditransfer melalui:

Bank BCA a.n. Arni Nirmala

Nomor rekening: 2210056729

Fasilitas Peserta

  1. Ilmu yang bermanfaat bagi peserta
  2. Modul Pelatihan dalam format digital
  3. Sertifikat Pelatihan (Sertifikat diberikan kepada peserta yang mengikuti secara penuh seluruh materi pelatihan)

Form Pendaftaran:

https://s.id/WorkshopDrupal

Informasi Lebih Lanjut:

Tuti        0813-1840-3561

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *