Kegiatan

Seminar “Sosialisasi Metode Preservasi “

Pada tanggal 5-6 September 2018, salah satu pustakawan Daniel S.Lev berkesempatan mengikuti Seminar “Sosialisasi Metode Preservasi” yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI di Yogyakarta. Preservasi merupakan cabang dari ilmu perpustakaan dan informasi yang berkaitan dengan pemeliharaan dan pemulihan, akses ke artefak, dokumen ke rekaman melalui studi khusus, diagnosis, perawatan dan pencegahan kerusakan. Sedangkan konservasi mengacu pada perawatan dan perbaikan barang-barang individu untuk memperlambat kerusakan atau mengembalikannya ke keadaan yang dapat digunakan, dengan tidak mengganti atau merubah bentuk/cover dengan yang baru, tetapi merawat dan melestarikan sama dengan bentuk aslinya. Pelestarian digital merupakan sebuah proses yang membutuhkan teknologi terbaik yang tersedia, serta perlunya kebijakan dan prosedur administrasi yang baik.

Perpustakaan Nasional RI merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan. Dalam mengembangkan tugas, selain sebagai perpustakaan pelestarian, Perpustakaan Nasional RI memiliki fungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, dan pusat jejaring perpustakaan di Indonesia.

Kekayaan dokumen hasil karya intelektual bangsa yang melimpah, regulasi yang cukup kuat namun pelestarian bahan pustaka belum dilaksanakan secara optimal. Perpustakaan Nasional RI merasa perlu adanya kebijakan akan hal tsb. Perpustakaan Nasional RI mendorong agar semua ketetapan Pelestarian yang diamanatkan dalam Perundang-undangan ditindaklanjuti oleh Perpustakaan dan Masyarakat. Kerjasama antar lembaga dalam negeri dalam rangka pelestarian bahan pustaka juga dinilai sangat penting.

Dapat disimpulkan bahwa preservasi dan konservasi bahan pustaka bukan hanya tugas Perpustakaan Nasional RI, akan tetapi merupakan tanggung jawab kita semua, baik masyarakat umum atau lembaga-lembaga terkait lainnya.

 

Penulis: Arni Nirmala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *