Kegiatan

Praktik Kerja Lapangan di Masa Pandemi: Pengalaman PKL di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev

Praktik Kerja Lapangan lazim dilakukan oleh mahasiswa semester enam atau tingkat tiga. Asumsinya pada semester ini  mahasiswa sudah memiliki cukup  pengetahuan  yang didapat dari teori mata kuliah yang diikuti.  Teori ini akan dipraktikkan ketika mahasiswa mengikuti Program PKL yang  diadakan sebagai satu alat untuk mengasah kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan hasil dari belajar selama lima semester.

Pertemuan Rutin Pengelola Perpustakaan dengan Peserta PKL

Para mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan diharapkan dapat mempraktikkan ilmunya di berbagai perpustakaan, bisa Perpustakaan Umum, Khusus, Perguruan Tinggi, Kantor Arsip, atau Organisasi yang memiliki perpustakaan, melakukan pendokumentasian dan pengarsipan.

Praktek Kerja Lapangan ini bisa juga menjadi ajang menguji kompetensi mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan. Mengutip dari laman profil Prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia, ada lima kompetensi utama yang wajib dimiliki oleh lulusan prodi ini. Lima kompetansi utama itu ialah:

  1. Mampu menerapkan pengelolaan informasi dalam kaitannya dengan organisasi, akses, pemberdayaan, dan preservasi informasi
  2. Mampu menerapkan kepemimpinan dalam pengelolaan Lembaga Informasi
  3. Mampu menyelesaikan masalah dalam pengelolaan dan pelayanan informasi berbasis inovasi dan kreativitas
  4. Mampu mengembangkan diri dan mengkomunikasikan gagasan mutakhir di bidang informasi secara professional (teknologi informasi dan kewirausahaan) untuk mengembangkan masyarakat pembelajar
  5. Mampu menganalisis dan menafsirkan data dan informasi dengan berbasis Ilmu Pengetahuan Budaya

Selain kompetensi utama tersebut, ada delapan kompetensi pendukung dan lima kompetensi lainnya, yang diharapkan dimiliki oleh lulusan prodi ini.

Masih menurut laman Program Studi Ilmu Perpustakaan (ui.ac.id), profil lulusan Sarjana Ilmu Perpustakaan yang dihasilkan adalah Profesional Informasi yang inovatif di bidang teknologi informasi, organisasi informasi dan humaniora digital. Untuk membentuk pustakawan yang memiliki profil sesuai dengan visi misi prodi Ilmu Perpustakaan tersebut, Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev berpartisipasi dalam penyediaan tempat, sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk Praktik Kerja Lapangan.

Seyogyanya, PKL adalah “shadowing the Master”. Apapun yang dilakukan oleh pustakawan terkait pengelolaan perpustakaan, ditiru dan dilakukan oleh mahasiswa PKL, Pustakawan wajib membimbing mahasiswa PKL. Dikarenakan masih dalam masa pandemic, maka bimbingan PKL dilakukan secara daring/online menggunakan teknologi tatap muka virtual ZOOM dan bimbingan tertulis di grup percakapan Whatsapp.

Banyak kendala yang dihadapi ketika mengadakan bimbingan PKL daring. Mulai dari ketersediaan bahan-bahan praktik yang tidak bisa ditemui langsung, seperti buku cetak, database, dan pemustaka secara fisik, kami menemui juga  kendala teknis seperti koneksi internet yang terkadang tidak bagus.

Karena kendala tersebut dan waktu yang sangat terbatas, maka Kepala Perpustakaan Daniel S. Lev memodifikasi kegiatan bimbingan PKL. Kegiatan teknis perpustakaan yang seharusnya dilakukan satu per satu, kali ini digabung dan mahasiswa diminta menghasilkan karya akhir yang bisa dipresentasikan. Mahasiswa diminta menyusun pathfinder atau sering dikenal sebagai Subject Guide atau Panduan Pustaka. Ketika membuat pathfinder, mahasiswa melakukan kegiatan penelusuran di e-resources (sumber-sumber elektronik) Indonesia, yaitu Sinta, Garuda, Neliti, Konsorsium Jurnal Hukum di Hukumonline.com dan Onesearch. Mereka mengidentifikasi terbitan berbahasa Indonesia dan terbit di Indonesia berkaitan dengan subyek Dokumentasi Hukum dan (Manajemen )Perpustakaan Hukum. Dari identifikasi itu dibuatkan indeks metadata, abstrak dan kata kuncinya. Indeks tersebut dipilah dan dikemas dalam bentuk e-flyer yang memuat metadata, abstrak dan kata kunci terkait dengan Dokumentasi Hukum dan Perpustakaan Hukum. E-flyer berisi Panduan Pustaka ini bertujuan untuk memudahkan pemustaka yang hendak meneliti kedua subyek tersebut.

Karya Moh. Farhan

Selain menghasilkan karya, mahasiswa PKL juga mendapat pengalaman berorganisasi, teknik berkomunikasi dan presentasi, juga mendapat gambaran suasana dan pengelolaan perpustakaan khusus di bidang hukum.

Diharapkan semua aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa selama masa Praktik Kerja Lapangan ini bisa menjadi bekal ketika memasuki dunia kerja sesungguhnya.(08082021).

Triana Dyah, Pustakawan Perpustakaan Hukum Daniel S Lev

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *