Kegiatan

Pengenalan Perpustakaan kepada Mahasiswa Baru STHI Jentera

Setiap tahun, Perpustakaan Daniel S.Lev ikut andil dalam menyambut mahasiswa baru STHI Jentera yaitu dengan memberikan pembekalan atau pengenalan perpustakaan secara umum. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan perpustakaan dan memberikan user education pada mahasiswa. User education yang diberikan yaitu mahasiswa baru di bimbing dalam memanfaatkan perpustakaan, seperti bagaimana menelusur koleksi perpustakaan, meninjam, mengembalikan dan memperpanjang buku, tata tertib perpustakaan serta dalam menggunakan fasilitas.

Berbeda dengan tahun kemarin, tahun ini perpustakaan juga mengenalkan materi tentang penelusuran literatur informasi. Pada bagian ini, mahasiswa dikenalkan dengan berbagai situs ilmiah dan ejournal baik yang dilanggan oleh perpustakaan maupun yang bersifat open access. Hal ini bertujuan agar mahasiswa mudah dalam mencari sumber referensi terutama dalam bidang hukum , yang sangat membantu mereka dalam mengerjakan tugas kuliah. Situs ilmiah yang dikenalkan yaitu pusat data Hukumonline, Cengage Learning, Neliti, Onesearch, DOAJ, ISJD LIPI, Direktori Putusan Mahkamah Agung, dan E-Resources Perpustakaan Nasional.

Kepala Perpustakaan Daniel S.Lev memberikan pengenalan umum perpustakaan

 

Mahasiswa Baru STHI Jentera

Kemudian mahasiswa juga diajak untuk keliling perpustakaan dan mempraktekkan langsung bagaimana menggunakan katalog online (OPAC), menelusur buku, mengisi visitor perpustakaan, dan menggunakan layanan sirkulasi. Terakhir pustakawan memberikan kuis evalusi yang berkaitan dengan materi yang telah dijelaskan. Dalam evaluasi ini dapat diketahui bagaimana pemahaman mahasiswa dengan materi user education tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *