Kegiatan

Pelatihan Reference Manager : Zotero

Ketika membuat tulisan terutama tulisan yang bersifat ilmiah, tentu sangat dimungkinkan membutuhkan bahan rujukan baik itu dari buku, artikel, ataupun jurnal ilmiah. Hal ini karena, dapat membuat tulisan berisikan data dan fakta yang sesuai serta tulisan akan lebih credible. Selain membutuhkan bahan rujukan, ketika menulis diperlukan juga reference manager. Akan tetapi hal tersebut sering kali dilupakan atau masih belum dianggap penting.

Reference manager adalah tools yang dapat memudahkan dan membantu untuk mengelola sumber rujukan yang digunakan, misalnya membuat sitasi dan bibliografi. Dengan menggunakan reference manager dapat memberikan manfaat contohnya: style sitasi dan bibliografi dapat konsisten, tidak ada sumber rujukan yang terlewat dan mempercepat dalam membuat bibliografi (daftar pustaka). Reference manager yang biasa digunakan yaitu Zotero dan Mendeley.

Melihat manfaat dan pentingnya menggunakan reference manager, maka Perpustakaan Hukum Daniel S.Lev Rabu, 20 Maret 2019 mengadakan acara “Pelatihan Reference Manager: Zotero” untuk mahasiswa STHI Jentera. Acara ini sendiri diutamakan bagi mahasiswa Angkatan 1, yang mana saat ini mereka sedang menyusun skripsi. Sehingga dirasa perlu untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman terikat reference manager salah satunya yaitu Zotero. Agar dalam pembuatan skripsi, mahasiswa dapat dimudahkan dalam mengelola sumber rujukan yang digunakan dan menghindari penulisan sitasi atau bibliografi yang salah.

Antusias mahasiswa cukup tinggi dalam mengikuti pelatihan ini. Selama pelatihan berlangsung, mahasiswa aktif bertanya ketika mengalami kesulitan dalam mengikuti pelatihan menggunakan Zotero dan memperlihatkan rasa keingintahuannya untuk mempelajari Zotero.

 

 

Penulis : Tuti Nour Khasanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *