Kegiatan

Gemilang Perpustakaan Nasional 2018

Tahun ini perpustakaan nasional kembali menggelar acara penganugerahan bagi pihak yang berdedikasi terhadap pengembangan perpustakaan dan budaya literasi di seluruh wilayah Indonesia. Acara berlangsung pada Kamis, 6 September 2018 pukul 18.30-21.30 WIB di Integrity Convention Center, Jakarta Pusat.

Malam penganugerahaan “NUGRA JASADARMA PUSTALOKA” merupakan sebuah penghargaan tertinggi bidang perpustakaan yang di berikan kepada: Kategori buku terbaik koleksi deposit Perpustakaan Nasional; Kategori lomba perpustakaan SLTA tingkat nasional; Kategori lomba perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat nasional; Kategori pustakawan terbaik; Kategori tokoh masyarakat yang berperan aktif terhadap pengembangan perpustakaan & pembudayaan gemar membaca; Kategori pers & insan pers; Kategori pelestari naskah kuno; dan Kategori Lifetime Achievement yang diberikan kepada Prof. Sulistyo Basuki sebagai satu-satunya professor di bidang perpustakaan di Tanah Air.

Acara berlangsung meriah, tak hanya Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando yang  hadir dan memberi sambutan, Najwa Shihab selaku Duta Baca juga ikut hadir dan memeriahkan acara dengan memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan “perpustakaan bukan hanya tentang buku dan buku, tapi perpustakaan adalah tempat ekspresi kita, perpustakaan menjadi ruang publik”. Sejalan dengan hal itu, kita tahu bahwa semua masyarakat baik umum maupun kaum disabilitas pun memiliki hak yang sama dalam menggunakan dan memanfaatkan perpustakaan dan akses informasi yang mudah serta ramah, sebab negara yang maju dapat dilihat dari kekayaan intelektual masyarakatnya.

 

Penulis: Tuti Nour Khasanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *