Kegiatan

Benchmarking sebagai sarana pengembangan organisasi

Ada berbagai macam cara dan metode untuk mengembangkan organisasi. Salah satu metode analisisnya adalah dengan melakukan benchmarking atau membandingkan. Benchmark memiliki arti tolok ukur atau patokan untuk menilai sesuatu.

Meskipun ada standar baku yang bisa diikuti untuk menjalankan perpustakaan, tetapi membandingkan diri dengan lembaga sejenis dianggap penting juga untuk dilakukan. Dengan landasan itulah Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev membuka diri untuk selalu menjadi tempat untuk saling berbagi informasi.

Pada 20 Juli 2022, Perpustakaan Daniel S. Lev menerima visitasi dari Perpustakaan SKK Migas. Tujuan visitasi ini adalah untuk benchmarking komponen-komponen yang ada di perpustakaan, seperti layanan pemustaka dan pengolahan koleksi digital. Rombongan dari Perpustakaan SKK Migas berjumlah tujuh orang, mereka adalah Bapak Badrun Sulthoni (Manajer Senior Organisasi Perencanaan SDM dan Tata Laksana SKK Migas), Ery Istiono (Staf Organisasi, Perencanaan SDM dan Tata Laksana), Diana Raya (Staf Organisasi, Perencanaan SDM dan Tata Laksana) Muhammad Firmansyah (Pustakawan), Syanintika Safira (Pustakawan), Ibnu (Mahasiswa magang), dan Tya (Mahasiswa magang). Perpustakaan SKK Migas berada di bawah Departemen Organisasi Perencanaan SDM dan Tata Laksana, Divisi SDM SKK Migas.

Visitasi ini disambut oleh Farli Elnumeri M. Hum selaku Manajer Knowledge Center di YSHK, didampingi oleh Triana Dyah dan Triawan Mardiasa yang bertindak sebagai Pustakawan Perpustakaan Daniel S. Lev.

Kunjungan dari SKK Migas ke Perpustakaan Daniel S. Lev, Selasa 20 Juli 2022.

Farli Elnumeri dalam paparannya memberikan gambaran implementasi penggunaan teknologi informasi yang dikembangkan oleh system librarian di Perpustakaan Daniel S. Lev, khususnya untuk pangkalan data, pengarsipan dan repositori. Perpustakaan Daniel S. Lev memiliki beberapa pangkalan data untuk menampung berbagai jenis koleksi, sengaja didesain berbeda karena sifat penggunaannya pun berbeda,  ada yang open to public dan restricted users. Untuk yang terbuka untuk umum, perpustakaan menggunakan aplikasi manajemen perpustakaan Slims versi Bulian 9 untuk koleksi fisik tercetak, beralamat di catalog.danlevlibrary.net. Sedangkan untuk arsip lembaga saat ini perpustakaan sedang mengembangkan pangkalan data pengarsipan menggunakan Arteri (Aplikasi Arsip Elektronik Terintegrasi), penggunaannya bersifat tertutup khusus untuk internal lingkungan YSHK. Pangkalan data lain adalah putusan.danlevlibrary.net (terbuka) dan digilev.danlevlibrary.net (terbatas pengguna internal).

Dalam pengembangan dan perawatan koleksi digital perpustakaan mengalami berbagai kendala teknis, di antara yang pernah dialami adalah: hilangnya database, hilangnya back-up, serangan spam, terbatasnya media simpan dan teknologi yang obsolete sehingga data tidak bisa lagi terbaca. Sedangkan untuk pengembangan repositori yang supply nya berasal dari tacit knowledge seluruh peneliti dan akademisi, kendala yang harus diatasi adalah memastikan para peneliti untuk menyerahkan semua dokumen proses penelitian, bukan hanya hasil akhirnya. Hal ini bisa diatasi dengan adanya kebijakan manajemen yang dipatuhi oleh semua pihak penelitian.

trianadyah@pshk.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *