GeneralKegiatan

YSHK Menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan BRIN untuk Percepatan Tersedianya Repositori Induk Nasional (RIN)

Pada Selasa, 13 September 2022 terjadi kesepakatan antara Direktorat Repositori, Multimedia, dan Penerbitan Ilmiah Badan Riset dan Inovasi Nasional (RMPI BRIN) dan Yayasan Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (YSHK) di Gedung BJ. Habibie Jakarta. Kesepakatan ini berisi pemanfaatan sumber daya informasi ilmiah dan pengembangan kepustakawanan di bidang hukum untuk mendukung riset dan inovasi.

Direktorat RMPI merupakan unit kerja eselon II di bawah Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional, yang dibentuk berdasarkan Pasal 108 jo Pasal 118 Peraturan Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor 1 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Riset dan Inovasi Nasional yang memiliki tugas menyelenggarakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, pemberian bimbingan teknis, dan supervisi di bidang repositori ilmiah, multimedia, dan penerbitan ilmiah. Sedangkan YSHK merupakan Yayasan yang menaungi Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera, yang merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang hukum.

Ruang lingkup Perjanjian ini meliputi:                                

  1. pemanfaatan sumber daya informasi ilmiah;
  2. pemanfaatan Repositori Ilmiah Nasional (RIN) sebagai sarana pengelolaan data;
  3. pemanfaatan data hasil penelitian dan pengetahuan untuk mendukung riset dan inovasi;
  4. pengembangan kepustakawanan melalui pelatihan pembuatan produk pengetahuan dalam bentuk multimedia, kajian, dan rekomendasi/kebijakan.
  5. peningkatan kapasitas SDM pengelola data hasil penelitian dan pengetahuan melalui bimbingan penggunaan RIN; dan
  6. diseminasi informasi dan knowledge sharing.

Perjanjian ini akan berlaku selama tiga tahun dan dapat diperpanjang atau diakhiri atas persetujuan kedua belah pihak. Sedangkan dalam pelaksanaan teknisnya akan melibatkan Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev sebagai pengelola repositori lembaga. Diharapkan dengan adanya kesepakatan ini ekosistem riset hukum dan kebijakan terbangun dengan intensif.

(trianadyah@pshk.or.id)